Galeri Bawah Laut 2

Rekreasi Jakarta – Jenis Media Pembelajaran

Rekreasi Jakarta – Pada dasarnya, setiap proses pembelajaran pasti akan menemukan berbagai macam kondisi, situasi atau tipe murid yang beragam. Hal ini tentu harus dikondisikan dengan beberapa media pembelajaran yang dapat dipraktikkan dalam berbagai keadaan. Lantas, apa saja jenis media pembelajaran tersebut? pada artikel ini, Tim Rekreasi Jakarta akan memberikan ulasan tentang beberapa jenis media pembelajaran. Berikut ulasannya :

Galleri Fisika

  1. Media Audial. Jenis media audial menekankan pada penggunaan pendengaran, beberapa contohnya sepeti radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan jenis audio lainnya.
  2. Projected Still Media. Beberapa contohnya seperti pemakaian slide, over head projektor (OHP), in focus.
  3. Projected Motion Media. Media project motion menyampaikan informasi melalui gambar bergerak seperti pada film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer, animasi.
  4. Media Visual. Jenis media visual menekankan penggunaan tampilan-tampilan yang dapat manarik perhatian, seperti grafik, diagram, chart, bagan, poster, komik.

Itulah tadi beberapa jenis media pembelajaran yang biasa digunakan oleh sekolah formal. Untuk informasi media pembelajaran lengkap dengan alat peraga beserta alat modern pembelajarannya, Anda bisa mengunjungi tempat wisata keluarga bernama Citra Raya World of Wonders Theme Park. Selain memiliki wahana – wahana permainan yang menguji adrenalin, tempat wisata ini juga memiliki galeri pembelajaran yang modern. Baca juga disini

Lanjut kepada pembahasan, apa tujuan media pembelajaran? Beberapa tujuan menggunakan media pembelajaran yang harus kita pahami, diantaranya adalah :

  1. Menjaga tujuan dari belajar serta fokus setiap murid. Beberapa tokoh juga memberikan penjelasan mengenai tujuan menggunakan media pembelajaran yaitu :

Gagne berpendapat media belajar merupakan komponen utama pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

Briggs menjelaskan sebagai sarana berbentuk fisik yang didalam terdapat materi instruksional.

Schramm berpendapat media pembelajaran merupakan teknologi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan yang bersifat instruksional.

Miarso mengatakan bahwa media pembelajaran merupakan segala hal yang dapat merangsang proses pembelajaran murid.

  1. Menggunakan media belajar dapat mempermudah proses pembelajaran.
  2. Menjaga dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran.

No Comments

Enroll Your Words

To Top