Galleri Fisika

Rekreasi Tangerang – Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Rekreasi Tangerang – Pada dasarnya, banyak sekali metode pembelajaran yang telah diciptakan oleh para ilmuan, namun hanya ada sekitar empat metode pembelajaran yang saat ini dianggap paling efektif. Seorang guru, dituntut memiliki kreativitas dalam menyampaikan pembelajarannya di dalam kelas. Guru masa kini, tentu sangat berbeda dengan guru masa lalu yang posisinya ditempatkan sebagai satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

Digital E-Learning (Terbaru)

Hari ini, guru tidak lagi tunggal menjadi pusat pendidikan dan pembelajaran. Guru dituntut aktif dan efektif melaksanakan pembelajaran. Tujuannya, agar tujuan pembelajaran nasional dan institusional dapat tercapai dengan baik. Pada artikel ini, Tim Rekreasi Tangerang akan memberikan ulasan yang berkaitan dengan metode pembelajaran problem based learning. Untuk informasi pusat belajar sambil bermain, Anda bisa mengunjungi Citra Raya World of Wonders Theme Park.

Pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning adalah suatu model yang menggunakan masalah dari dunia nyata. Dunia empiris harus dipandang sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis. Keterlatihan pelajar untuk kritis akan membentuk dirinya menjadi terampil dalam pemecahan masalah. Ia juga akan siap untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.

Bagaimana dengan pengajaran berbasis masalah? Metode ini digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi, termasuk di dalamnya belajar bagaimana belajar. Pengajaran berbasis masalah, menurut Ibrahim dan Nur (2002) dikenal dengan nama lain seperti Project-Based Teaching atau Pembelajaran berbasis Project, Experience-Based Education (Pendidikan berdasarkan pengalaman), Authentic Learning (Pembelajaran Autentic), dan Anchored instruction (Pembelajaran berakar pada kehidupan nyata). Dalam hal ini, peranan guru dalam pembelajaran berbasis masalah adalah menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.

Kemudian, metode pembelajaran Student Teams Achievement Division atau STAD adalah salah satu model pembelajaran kooperatif. Model ini dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawan-kawannya. Metode ini merupakan metode yang paling sederhana dalam pembelajaran kooperatif. Para guru menggunakan pembelajaran STAD untuk mengajarkan informasi akademik baru kepada siswa setiap minggu, baik melalui penyajian verbal manupun tertulis.

Untuk perkembangan pembelajaran anak, Anda perlu menyisipkan dengan permainan yang menyenangkan, karena memang Dunia anak tidak bisa dipisahkan dengan permainan. Jika Anda ingin mengajak anak bermain sambil belajar, Anda bisa mengajaknya pergi ke Citra Raya World of Wonders Theme Park.

 

No Comments

Enroll Your Words

To Top